Breaking News
recent

Sikat Gigi Pertama di Dunia dengan Gelombang Ultrasonik


Sikat gigi merupakan keharusan bila Anda ingin hidup sehat. Kini dengan berkembangnya teknologi, orang tak perlu lagi sikat gigi dengan menggosok giginya. Pertama kalinya di dunia, sikat gigi kini bisa menggunakan gelombang ultrasonik.

Sikat gigi manual sebenarnya sudah lama tertinggal dari versi whizzyelectric yang membuat bulu sikat bergerak super cepat secara elektrik. Namun teknologi ini masih tetap saja harus bergesekkan dengan gigi untuk menghilangkan plak.

Tapi produk baru berteknologi tinggi akan selangkah lebih maju. Pertama di dunia, kini ada sikat gigi yang 100 persen menggunakan teknologi gelombang ultrasonik.

Dengan teknologi ini, menyikat gigi tidak perlu lagi menggunakan gerakan menggosok. Bahkan bulu sikat tak perlu menyentuh gigi Anda.

Sikat gigi ultrasonik yang dijual dengan merek dagang Emmi-dent ini mampu menghasilkan 86 juta gelombang per menit. Gelombang-gelombang inilah yang kemudian bekerja untuk membersihkan gigi.

Produsen mengklaim gelombang ultrasonik yang dipancarkan akan menghasilkan jutaan gelembung kecil yang akan terbentuk pada pasta gigi khusus pasangannya, seharga 3,99 poundsterling (sekitar Rp 61 ribu).

Gelembung tersebut cukup kecil untuk dapat masuk ke sela gigi dan gusi, di mana kemudian akan pecah, membunuh bakteri dan mencabut tartar serta sisa-sisa makanan.

Ini berarti Anda tidak perlu menggunakan gerakan menyikat konvensional. Teknologi ini juga akan membunuh bakteri yang tersisa di kepala sikat.

Emmi-dent diluncurkan di Inggris pekan lalu. Namun untuk memilikinya Anda harus merogoh kocek agar dalam, karena produk berteknologi tinggi ini dibanderol dengan harga 79,95 poundsterling atau sekitar Rp 1,2 juta, seperti dilansir Dailymail, Senin (10/12/2012).

Karena Anda tidak bisa merasakan gelombang ultrasonik, produsen telah menambahkan getaran ke sikat untuk meyakinkan bahwa sikat gigi ini benar-benar bekerja.

Setelah menerapkan pasta gigi khusus di permukaan gigi, Anda hanya perlu memegang sikat dan bergerak di atas setiap gigi selama lima detik. Setelah semua gigi terjangkau atau sekitar 6 menit, Anda bisa langsung membilasnya dan merasakan gigi yang sudah bersih.

Tapi Profesor Damien Walmsley dari British Dental Association, mengatakan diperlukan tes yang tepat untuk membuktikan efektivitas sikat gigi ultrasonik ini.

Sumber
STS

STS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.