Breaking News
recent

Jam Bermain Aman untuk Kesehatan Mata Anak

Kesehatan mata anak

BERMAIN di luar ruangan adalah saat bermain yang digemari oleh anak-anak. Saat matahari terik, ada baiknya orangtua perlu memperhatikan jam bermain anak. Terutama yang aman untuk kesehatan mata anak.

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari ditemukan tidak hanya dapat memberikan efek buruk terhadap kulit manusia, namun untuk mata juga. Menurut banyak penelitian, lensa mata, khususnya pada anak-anak, dapat terancam mengalami gangguan jika sering terpapar sinar UV.

Dengan memantau jam-jam bermain anak di luar ruangan, orangtua dapat membantu menjaga kesehatan mata anak. Dr Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH., Konsultan Tumbuh Kembang FKUI-RSCM, menyarankan jam-jam tertentu di mana sinar matahari aman bagi mata anak.

“UV itu kan ada jenis-jenisnya. Kalau sudah terlalu siang, anak sebaiknya beraktivitas di dalam ruangan. Tetapi kalau pagi atau sore masih aman, jadi tidak apa-apa, kita kan juga butuh sinar matahari,” jelas dr. Bernie kepada Okezone di bilangan Menteng, Jakarta, baru-baru ini.

Dokter Bernie menegaskan bahwa perkiraan waktu yang aman untuk anak-anak beraktivitas di luar di pagi hari adalah di bawah jam sembilan, sementara untuk sore hari sinar matahari lebih aman setelah jam tiga sore.

“Memang UV itu katanya berhubungan dengan katarak dan gangguan mata lainnya. Jadi lebih baik orangtua mau memproteksi mata anak,” tutupnya.

Sumber
STS

STS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.