Breaking News
recent

Skema & Susunan Pemain Inti Timnas Indonesia Melawan Arab Saudi

sekedar tahu saja

Timnas Indonesia melanjutkan perjuangannya di Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015 dengan menghadapi Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 23 Maret nanti.

Suplai pemain yang berlimpah, termasuk sejumlah pemain naturalisasi, membuat pelatih Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago bebas berkreasi dengan strategi. Namun 4-2-3-1 sepertinya menjadi favorit keduanya.

Pasalnya, pada sesi latihan Rabu pagi, sore, hingga Kamis Sore, pelatih asal klub Arema Cronous itu terus mematangkan formasi tersebut.

RD bakal menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan sistem inverted winger. Tiga gelandang serang bertugas untuk menembus pertahanan lawan melalui sisi tengah dengan mengirim umpan terobosan, didukung bek sayap untuk menyusuri sisi lapangan.

Saat tiga gelandang serang berusaha membuka peluang, dua gelandang yang difokuskan untuk bertahan diharapkan bisa membuat lini tengah Garuda tetap waspada saat menghadapi serangan balik. Dengan demikian, keseimbangan di lini tengah bisa terjaga karena jarak antar lini tidak terlalu jauh.

Dalam beberapa latihan terakhir, RD kerap mengotak-atik posisi 28 pemain di skuadnya. Namun, posisi penjaga gawang kemungkinan besar menjadi milik Kurnia Meiga. Dalam dua sesi latihan terakhir, kiper Arema itu selalu mengawal gawang Indonesia.

Sementara, dua benteng pertahanan Garuda bakal diisi oleh duet Victor Igbonefo dan Hamka Hamzah. Meski di latihan terakhir RD memainkan duet Igbonefo dan M.Roby, Hamka Hamzah lebih sering berduet dengan Igbonefo dalam beberapa sesi latihan.

Dua bek sayap sepertinya bakal diisi oleh Supardi dan Zulkifli Syukur. Dari beberapa sesi latihan, RD tak pernah mengotak-atik posisi keduanya. Zulkifli Syukur optimistis mendapatkan satu posisi di tim inti Timnas. Dia juga mengaku siap untuk mengantisipasi setiap serangan Arab Saudi dari sisi sayap.

"Selama latihan kita sudah dijelaskan oleh pelatih bagaimana mengantisipasi kekuatan Arab Saudi. Kita pemain diinstruksikan untuk bisa mengantisipasi mereka," kata Zulkifli kepada wartawan di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (22/3/2013) WIB.

Perebutan dua posisi gelandang bertahan juga menarik untuk dicermati. Pasalnya di posisi ini, Timnas memiliki banyak pemain hebat, diantaranya Ponaryo Astaman, Emmanuel Wanggai, Raphael Maitimo, dan Ahmad Bustomi. Namun, RD lebih sering memainkan duet Emmanuel Wanggai dan Ahmad Bustomi.

Untuk posisi dua gelandang serang, Muhammad Ridwan dan Boaz Solossa hampir dipastikan mengisi posisi tersebut, meski pada latihan terakhir yang terbuka untuk wartawan, RD sempat mencoba Ian Louis Kabes sebagai alternatif Ridwan.

Posisi penyerang akan menjadi rebutan Serginho Van Dijk dan Greg Nwokolo. Siapa yang akan menjadi penyerang lubang dan utama tidaklah penting karena keduanya memiliki kemampuan bagus untuk mengisi dua posisi itu.

Strategi apapun yang akan RD gunakan di laga nanti, yang pasti sang pelatih asal Arema Cronous itu berjanji menghibur penonton di pertandingan nanti.

"Kita ingin menghibur penonton dan takkan bermain bertahan saja. Tapi, semuanya tergantung pada hasil di babak pertama," ujar RD dalam jumpa pers di Kantor Sekretariat PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat (22/3/2013) WIB.

RD juga membantah akan menggunakan strategi bertahan total yang biasa dikenal dengan sebutan taktik parkir bus. "Saya parkir sepeda motor saja supaya lebih lincah," kelakarnya.[yob]

Inilah Susunan Formasi Latihan Timnas:

Latihan Hari Selasa (19/3/2013):
4-4-2: Syamsidar;Victor Igbonefo, Hamka Hamzah, Supardi, Zulkifli Syukur;Emmanuel Wanggai, Firman Utina, Boaz Solossa, Muhammad Ridwan;Greg Nwokolo, Serginho Van Dijk.

Latihan Hari Rabu (20/3/2013):
4-2-3-1: Kurnia Meiga;Victor Igbonefo,Hamka Hamzah, Supardi, Zulkifli Syukur; Ahmad Bustomi, Emmanuel Wanggai, Boaz Solossa, Muhammad Ridwan, Serginho Van Dijk;Greg Nwokolo

Latihan Hari Kamis (21/3/2013):
4-2-3-1: Kurnia Meiga;Muhammad Roby;Victor Igbonefo, Supardi, Zulkifli Syukur;Raphael Maitimo, Ponaryo Astaman, Ian Louis Kabes, Boaz Solossa, Greg Nwokolo;Serginho Van Dijk

Prakiraan Formasi:

4-2-3-1: Kurnia Meiga;Victor Igbonefo,Hamka Hamzah, Supardi, Zulkifli Syukur;Emmanuel Wanggai, Ahmad Bustomi, Muhammad Ridwan, Boaz Solossa, Greg Nwokolo;Serginho Van Dijk.

Sumber
STS

STS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.