Breaking News
recent

Berapa Jumlah Spesies Penghuni Bumi?

Ada berapa jumlah spesies hewan dan tumbuhan yang menempati planet bumi? Riset terbaru memperkirakan jumlahnya.

Selain manusia, umumnya kita mendeskripsikan makhluk penghuni bumi sebagai sebatas 'hewan, dan tumbuhan'. Namun keduanya tentu terdiri atas banyak spesies. Lalu ada berapa banyak spesies penghuni bumi?

Sistem taksonomi Carl Linnaeus yang terkenal tahun 1700-an, memperkenalkan 1,25 juta spesies. Dan sekarang, diberitakan Journal, ada 8,7 juta spesies yang ada di bumi saat ini, dan dari jumlah itu hanya sejumlah kecil saja yang berhasil diteliti.

Perhitungan yang dilansir jurnal biologi PLoS ini diklaim sebagai perhitungan paling mendekati akurat. Angka 8,7 juta ini diperoleh dari perhitungan dan analisis matematis dari spesies yang ada sekarang.

Peneliti Camilo Mora dari Universitas Hawaii, mengatakan, "Banyak spesies yang terlanjur punah, padahal kita belum sempat mengidentifikasinya, dan menyadari fungsinya terhadap keberadaan ekosistem dan kehidupan manusia."

Jika dirinci, 8,7 juta yang dimaksud terdiri atas 7,77 juta spesies hewan, yang 953.434 di antaranya telah ditemukan dan dicatat. Sedangkan spesies tumbuhan ada 298.000, dengan angka 215.644 spesies yang sudah diidentifikasi. Selain itu ada juga 611.000 spesies jamur yang baru tercatat sebanyak 43.271 spesies.
STS

STS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.