Breaking News
recent

7 Tips Memilih dan Menggunakan Lensa Kontak

Demi penampilan banyak orang yang mengganti kacamata mereka dengan lensa kontak. Yap! Memakai lensa kontak selain nyaman bagi mereka yang berminus besar, juga membantu kita melakukan aktivitas yang tak memungkinkan dipakainya kacamata. Berikut tips dalam menggunakan lensa kontak :


Pastikan Anda tidak alergi dengan lensa kontak tersebut. Jika Anda sudah terlanjur membeli sepasang dan timbul keluhan saat memakainya (misalnya mata merah, gatal, berair, perih), segera lepaskan. Bersihkan lensa tersebut dengan cairan pembersihnya dan perhatikan permukaan lensa tersebut, apakah ada kotoran yang menempel. Jika lensa kontak dalam keadaan baik, ada kemungkinan mata Anda yang alergi. Jangan lanjutkan pemakaian.

Pemakai lensa kontak harus senantiasa menjaga kebersihan lensanya. Sebelum memakai atau melepas lensa kontak, cuci tangan dengan sabun yang tidak mengandung mosturiser, karena minyak dapat mengotori lensa Anda dan susah dihilangkan. Keringkan tangan dengan diangin-anginkan, karena penggunaan tisu atau lap untuk mengeringkan tangan membuat partikel-partikel kain dan kertas akan tertinggal di tangan dan bisa merusak permukaan lensa kontak.

Jika memungkinkan, pilih lensa kontak yang diwarnai biru bening, untuk memudahkan saat pemasangan atau pelepasan. Lensa yang berwarna biru bening akan nampak terlihat saat direndam di cairan pembersihnya.

Pilih-pilih dengan baik jenis kontak lensa Anda berdasarkan lama pemakaiannya. Kontak lensa ada yang disposable atau sekali pakai buang, ada juga yang bisa dipakai selama beberapa bulan, dan setahun atau lebih. Semakin singkat pemakaiannya semakin baik, karena lensa kontak yang sudah lama dipakai akan semakin menurun kenyamanan penggunaannya.

Jangan lupakan kapan harus mengganti kontak lensa. Catat dengan baik waktunya, terutama jika Anda memakai kontak lensa dengan periode lama. Jika lensa terasa tidak nyaman digunakan sebelum waktu kadaluarsa, segera ganti dengan yang baru.

Jangan sembarangan membeli kontak lensa, terutama karena diiming-imingi harga yang murah. Lensa kontak berwarna yang murah harganya terkadang tidak nyaman dipakai, karena bagian yang berwarnanya mengiritasi mata pemakainya. Lebih baik berkorban uang sedikit tetapi mendapatkan kualitas kontak lensa terbaik. Hal ini juga berlaku bagi cairan pembersihnya. Ingat, ini mata Anda yang sedang kita bicarakan.

Bereksperimenlah dengan berbagai warna kontak lensa. Dari yang coklat, abu-abu, ungu, sampai warna mencolok seperti biru atau hijau. Dijamin orang-orang akan terpesona melihat perubahan penampilan Anda. Jika Anda cukup percaya diri, pilih saja warna-warna terang seperti biru atau hijau.

Dengan lensa kontak, Anda bisa nampak lebih fresh, menarik, dan bisa beraktivitas dengan maksimal. Selamat mencoba!
STS

STS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.